RAGAM LAYANAN DISDUK CAPIL

Kabupaten Kutai Kartanegara

Akta Kelahiran

Segera daftarkan setiap kelahiran anak anda dan dapatkan akta kelahiranya dengan cepat dan mudah.

Manfaat

Manfaat dari akta kelahiran adalah sebagai persyaratan masuk sekolah, melamar pekerjaan, mengurus Passport, perkawinan, bukti pewaris dan lain - lain.

Syarat - syarat pembuatan Akta Kelahiran

Syarat-syarat yang harus dilengkapi antara lain :
  1. Surat Kelahiran dari Dokter/Bidan/Penolong kelahiran.
  2. Nama identitas saksi kelahiran.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga orang tua.
  4. Fotocopi KTP orang tua.
  5. Fotocopy KK orang tua dan KTP2 (dua) orang saksi.
  6. Kutipan Akta Nikah/ISBAT Nikah/Akta perkawinan orang tua.
  7. Persetujuan Kepala Instansi Pelaksana (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ) atau UPTD Instansi Pelaksana dan denda Rp 100.000,- bagi yang melaporkan kelahiran melampaui batas waktu 60 (enam puluh) hari sampai dengan 1 (satu) tahun sejak tanggal kelahiran (berlaku mulai 1 Januari 2012)..
  8. Salinan penetapan Pengadilan Negeri dan denda Rp 250.000,- bagi yang melaporkan kelahiran melampaui batas waktu 1 (satu) tahun sejak tanggal kelahiran (berlaku mulai a Januari 2012).
  9. Surat Keterangan tempat tinggal orang tua pemegang izin tinggal terbatas dan atau
  10. Paspor bagi pemegang izin kunjungan.

Standar Pelayanan 2017

Lampiran Standar Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kutai Kartanegara tahun 2017.

Layanan Kartu Keluarga

Persyaratan

Persyaratan Penerbitan Kartu Keluarga Baru

  1. Kartu Keluarga Lama.
  2. Ijin tinggal tetap bagi orang asing.
  3. Fotocopy atau menunjukkan Kutipan Akta Nikah/Akta Perkawinan.
  4. Surat Keterangan Pindah (SKP), Surat Keterangan Pindah Datang (SKPD) bagi penduduk yang pindah dalam wilayah NKRI.
  5. Surat Keterangan Datang Dari Luar Negeri (SKDLN) bagi WNI yang dating dari Luar Negeri (LN).

Persyaratan Penambahan Anggota Keluarga Menumpang Kedalam KK Bagi WNI

  1. Kartu Keluarga Lama.
  2. Kutipan Akta Kelahiran.
  3. SKPD/SKPD bagi penduduk yang pindah dalam wilayah NKR.
  4. SKLD bagi WNI yang baru pindah dan dating dari luar negeri (LN).

Persyaratan Hilang/Rusak Bagi WNI Dan WNA Yang Memiliki Ijin Tinggal Tetap

  1. Surat kehilangan dari Kepala Desa/Lurah.
  2. Kartu keluarga yang rusak.
  3. Fotocopy atau menunjukkan dokumen kependudukan salah seorang anggota keluarga.
  4. Dokumen ke imigrasian bagi WNA.

Persyaratan Pengurangan Anggota Keluarga Dalam KK Bagi WNI Yang Memiliki Ijin Tinggal Tetap

  1. Kartu Keluarga Lama.
  2. Surat Keterangan Kematian.
  3. SKPD/SKPD penduduk yang pindah dalam wilayah NKRI.

Mekanisme Proses

Adapun Mekanisme untuk mendapatkan Kartu Keluarga adalah

  1. DITEMPAT PELAYANAN PETUGAS OPERATOR KECAMATAN MELAKUKAN ENTRI DATA
  2. PETUGAS OPR KECAMATAN MENCETAK KARTU KELUARGA YANG DIINGINKAN
  3. PETUGAS KECAMATAN MEMBAWA KARTU KELUARGA TERSEBUT UNTUK DITANDA TANGANI KEPALA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL SEBELUMNYA DILAKUKAN PENGESAHAN OLEH KEPALA BIDANG PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK
  4. KARTU KELUARGA {KK} YANG TELAH DITANDA TANGANI DISAMPAIKAN KEMBALI KE PETUGAS KECAMATAN DAN DILAKUKAN VERIFIKASI SEBELUM DITERIMA OLEH PENDUDUK

Alur Proses

Alur proses penerbitan Kartu Keluarga adalah

Jangka Waktu Penyelesaian

UNTUK PENYELESAIAN PENERBITAN DAN PENCETAKAN KARTU KELUARGA DIPERLUKAN WAKTU 1 (SATU) HARI KERJA

Biaya / Tarif

GRATIS

Layanan KTP - EL (KTP ELEKTRONIK)

Persyaratan

Persyaratan Permohonan Kartu Tanda Penduduk (KTP - EL) Baru ;
  1. Foto copy Kartu Keluarga.
  2. Foto copy Akta Perkawinan bagi penduduk yang belum berumur 17(tujuh belas ) tahun tentang sudah kawin.
  3. Foto copy surat bukti / keterangan peristiwa penting atau kependudukan yang dialami bagi pemohon yang mengajukan perubahan data termasuk KTP.
  4. Foto copy dokumen imigrasi (paspor , izin tinggal tetap ) bagi orang asing tinggal tetap.
  5. Surat pengantar dari kelurahan / desa setempat.
Persyaratan Perpanjangan KTP - EL;
  1. KTP - EL yang telah habis masa berlakunya.
  2. KK (Kartu Keluarga).
Persyaratan Penggantian KTP - EL Rusak / Hilang ;
  1. Membawa KTP - EL yang rusak.
  2. Membawa Surat Keterangan Kehilangan KTP - EL dari Kepolisian (bagI KTP - EL nya yang hilang).
  3. Foto copy Kartu Keluarga (KK).
Persyaratan Pembuatan KTP Elektronik;
  1. Pemohon sudah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  2. Pemotretan (Foto).
  3. Perekaman Sidik Jari.
  4. Perekaman Iris Mata.
  5. Perekaman Tanda Tangan.

Mekanisme Proses

Mekanisme untuk pembuatan KTP - EL adalah
  1. DITEMPAT PELAYANAN PETUGAS OPERATOR KECAMATAN MELAKUKAN REKAM DATA
  2. DATA DIKIRIM MELALUI SERVER KECAMATAN KE DATABASE AFIS (PUSAT)
  3. SELANJUTNYA DILAKUKAN IDENTIFIKASI PENUNGGALAN DATA OLEH MESIN (PUSAT)
  4. HASIL IDENTIFIKASI DIHASILKAN DATA IDENTITAS TUNGGAL (PUSAT) STATUS PRINT READY RECORD
  5. PETUGAS OPERATOR KECAMATAN MEMBUAT SURAT USULAN PENERBITAN KTP-EL DAN DISAMPAIKAN KEPADA KEPALA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL MELALUI KEPALA BIDANG PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK
  6. PETUGAS OPERATOR KABUPATEN MELAKUKAN PENERBITAN KTP-EL SESUAI SURAT USULAN
  7. KTP-EL YANG TELAH DITERBITKAN DISAMPAIKAN KEMBALI KE PATUGAS OPERATOR KECAMATAN DAN DILAKUKAN VERIFIKASI SEBELUM DITERIMA OLEH PENDUDUK

Alur Proses

Alur proses penerbitan KTP - EL adalah

Jangka Waktu Penyelesaian

UNTUK PENYELESAIAN PENERBITAN DAN PENCETAKAN KTP-EL DIPERLUKAN WAKTU 1 (SATU) HARI KERJA

Biaya / Tarif

GRATIS

Pengaduan

Alur Proses Pengaduan, waktu penyelesaian dan team yang menjawab atas semua aduan yang masuk seperti dibawah ini

Layanan Akta Perkawinan

Persyaratan

Persyaratan Permohonan Akta Perkawinan adalah ;
  1. Mengisi formulir pelaporan pencatatan perkawinan F-2-12.
  2. Surat pemberkatan nikah/keterangan telah terjadi perkawinan dari pemuka agama
  3. Fotocopy KTP-EL dan Kartu Keluarga Suami Istri.
  4. Fotocopy KTP-El 2 (dua) orang saksi
  5. Pas Photo Suami-Istri berdampingan ukuran 4x6 cm, 5 lembar.
  6. Kutipan Akta kelahiran suami-istri
  7. Surat keterangan dari lurah atau surat penyataan diri tentang status perkawinan
  8. Surat persetujuan mempelai
  9. Surat keterangan asal usul mempelai
  10. Surat persetujuan/ijin kawin dari orang tua, bagi yang belum berumur 21 thn
  11. Surat ijin/dispensasi nikah dari pengadilan negeri bagi yang belum berumur 16 thn.
  12. Akta perceraian atau akta kematian, bagi janda atau duda.
  13. Surat pengantar untuk nikah dari lurah diketahui Camat atau Surat keterangan untuk nikah dari Instansi pelaksana tempat domisili.
  14. Bagi suami dan atau istri orang asing, melampirkan ijin dari perkawinan negara yang bersangkutan, surat tanda melapor diiri dari POLRI, Dokumen Imigrasi seperti VISA/Paspor/KITAS/KITAP.
  15. Bagi suami dan atau istri anggota TNI/POLRI melampirkan ijin Kawin dari Komandan.

Alur Proses

Alur proses penerbitan Akta Perkawinan adalah

Jangka Waktu Penyelesaian

UNTUK PENYELESAIAN PENERBITAN AKTA PERKAWINAN / PERCERAIAN DIPERLUKAN WAKTU 1 (SATU) HARI KERJA

Biaya / Tarif

GRATIS
  1. Perkawinan kurang dari 60 hari
  2. Perceraian kurang dari 30 hari
DENDA
  1. Perkawinan Lebih dari 60 hari (WNI = Rp. 50.000, WNA = Rp 200.000)
  2. Perceraian lebih dari 30 hari (WNI = Rp. 50.000, WNA = Rp 200.000)

Video Tutorial SiPeri

Tutorial Aplikasi SiPeri (Sistem Informasi Pelayanan Mandiri)